Kamis, 09 April 2020

HIMBAUAN KEPADA WARGA DAHROMO TERKAIT WABAH VIRUS CORONA

Oleh: Ketua PRM Dahromo

Assalamu'alaikum w w
Bapak/ibu dan sederek semua warga Dahromo yang kami hormati.
Saat ini kita diuji dengan kondisi yang belum pernah kita jumpai sebelumnya, yaitu wabah virus corona yang penyebarannya sangat cepat bahkan sudah menjangkau ratusan negara.
Virus menyebar dari orang ke orang. Tempat yg mulanya aman, dalam hitungan hari bisa saja menjadi rawan dan banyak orang yang terjangkit virus tersebut. Ketika 1 orang terjangkit di suatu daerah, akan dengan mudah segera menular pada orang lain. Meskipun tidak semua orang yg terjangkit ini kemudian sakit parah atau bahkan sampai meninggal, akan tetapi, faktanya banyak orang yang karena terkena virus ini kemudian sakit hingga meninggal dunia. Bahkan kalau dihitung secara global, sudah puluhan ribu orang yang meninggal akibat virus ini.

Pemerintah, MUI, Ormas islam termasuk Muhammadiyah telah banyak berikhtiar untuk mengantisipasi penyebaran virus ini.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan maklumat, disusul Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah. Mereka mengambil keputusan dan kebijakan tentunya sudah dengan pertimbangan dan melibatkan para ahli dan pakar.
Diantara maklumat mereka adalah agar kita menjaga kebersihan, sering cuci tangan dan memakai masker ketika keluar rumah serta senantiasa menjaga jarak. Bahkan melalui fatwa ulama, kita dihimbau untuk sementara sholat fardlu di rumah. Tidak melaksanakan kegiatan berkumpul banyak orang. Bahkan, sholat jum'at pun sementara diganti sholat dzuhur 4 rokaat di rumah masing-masing.
Ini bukan berarti kita lebih takut virus daripada Allah, tetapi ini adalah ikhtiar menjaga kesehatan yg insyaallah juga ada rujukan dalilnya sehingga para ulama berani mengambil fatwa demikian.

Bapak, Ibu, dan sederek semua. Saat ini khususnya di dusun kita Dahromo Alhamdulillah belum tampak wabah ini menyerang, dan tentunya kita tidak ingin itu terjadi.
Oleh karenanya, kami atas nama Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Dahromo mengajak bapak/ibu dan sederek semua untuk bersama-sama berikhtiar mencegah wabah ini.
Kita ikuti protokol pencegahan seperti yg sudah banyak disampaikan para ahli melalui berbagai media.
Khususnya tentang ibadah, PRM Dahromo bersama takmir masjid dan para tokoh masyarakat sepakat untuk mengikuti Maklumat Persyarikatan Muhammadiyah. Untuk sementara kita sholat fardlu di rumah masing-masing dan meniadakan sholat Jum'at, diganti sholat dzuhur 4 rokaat di rumah.

Adapun kepada warga yg memilih untuk tetap melaksanakan sholat jum'at, PRM tidak memiliki kewenangan melarang, kita tetap menghormati dan kita silahkan mencari masjid yg menyelenggarakan jum'atan. Meskipun demikian, kami berharap untuk bisa menyesuaikan himbauan ini. Kami khawatir, dengan melaksanakan sholat jum'at di luar daerah justru bisa menjadi media penularan/penyebaran virus corona tsb.

Demikian himbauan dan ajakan ini kami sampaikan, mohon bisa disebarluaskan beserta surat intruksi dari PDM Bantul di bawah ini. (File tersendiri).
Semoga Allah SWT meridloi ikhtiar kita dan senantiasa memberikan kesehatan, ketetapan iman, islam, serta teguh dijalan yg benar.

Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum w w.

Hormat kami
Triyanto, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULADHA PANAMPI PASRAH NGUNDUH MANTU

  Assalamu 'alaikum wr.wb. Alhamdulillahirobbil’alamin….   Mugi kawilujengan, karahayon, katentreman, kabegjan menapa dene kamulya...