Pendahuluan
Oleh: Wawan Gunawan Abdul Wahid *)
Shalat sunnah adalah shalat yang dituntunkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wasallam untuk dikerjakan sebagai tambahan (nafilah) pahala selain shalat
wajib. Di antara shalat sunah yang senantiasa ditunaikan Nabi shalallahu
‘alaihi wasallam adalah shalat dua raka’at sebelum shalat shubuh dan shalat
malam. Salah satu keistimewaan dua shalat sunah ini adalah keduanya tetap
ditunaikan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam meskipun dalam posisi safar atau
perjalanan. Diriwayatkan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam tetap menunaikan
shalat sunah qabla shalat Subuh meskipun waktu shalat Subuh sudah melampui
waktunya. Nabi pun tetap menunaikan shalat malam meskipun dalam suasana genting
upaya perdamaian Hudaibiyah. Pada bulan Ramadlan, shalat malam ini pun termasuk
yang sangat dianjurkan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam untuk ditunaikan.
Karena itu, kiranya dipahami mengapa Himpunan Putusan Tarjih (HPT) memasukan
shalat malam di bulan Ramadlan sebagai amalan utama. Hal ini, antara lain,
didasarkan pada Hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam sebagai berikut:
“Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu ia berkata: Rasullllah shalallahu ‘alaihi wasallam
menganjurkan para sahabat untuk menunaikan shalat qiyamu Ramadlan tanpa
menghukuminya wajib, kemudian beliau menegaskan:”Siapa yang menunaikan shalat
qiyami Ramadlan dengan landasan iman dan mengharap pahala Allah niscaya dosa
masa lalunya diampuni.” (HR. Bukhari
Muslim)
Shalat qiyamu
Ramadlan didefinisikan Majelis Tarjih sebagai shalat malam di bulan Ramadlan
yang batas waktunya antara pasca shalat Isya hingga fajar sebelum datang waktu
Subuh (2011:32-33). Shalat qiyamu Ramadlan ini di luar Ramadlan diistilahkan
sebagai shalat tahajud, qiyamullail, dan witir (2003:91) dengan jumlah 11
raka’at. Jumlah 11 raka’at itu dilaksanakan, antara lain, dengan dengan formasi
4-4-3 serta 2-2-2-2-3. Formasi pertama didasarkan pada Hadits yang diriwayatkan
Siti Aisyah radhiallahu ‘anhuma dari Bukhari Muslim, formasi
kedua didasarkan pada Hadits Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma riwayat
Ashabus Sunan (2009:186; dan 2011:37-38) sedangkan formasi kedua dirujukkan
pada beberapa Hadits, yaitu Hadits riwayat Ibnu Umar radhiallahu
‘anhuma dalam Ashhabussunan. Formasi ketiga 2-2-2-2-2-1 didasarkan
pada Hadits Zaid bin Khalid al-Juhani riwayat Muslim (2010). Penyamaan Majelis
Tarjih terhadap shalat qiyamu Ramadlan dengan tahajud, witir, dan qiyamullail
serta penggunaan kata “antara lain” dalam buku Tuntunan membuka peluang untuk
dilaksanakannya formasi lain sebagaimana yang pernah dipraktekkan Nabi shalallahu
‘alaihi wasallam selama hayatnya.
Formasi-formasi lain
Shalat Qiyamu Ramadlan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam
Di antara formasi
lain yang belum disebutkan oleh buku Tuntunan Ramadlan Majelis Tarjih
Muhammadiyah adalah sebagai berikut:
a.
Formasi 8-1-2
“Dari Abu Salamah dia berkata: ”Saya bertanya kepada
Siti Aisyah tentang shalat (malam) Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam Siti
Aisyah menjawab, ”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam menunaikan shalat 13
raka’at. Beliau tunaikan shalat delapan raka’at kemudian menunaikan witir satu
raka’at lalu beliau shalat dua raka’at sambil duduk saat hendak ruku’ beliau
berdiri kemudian ruku’. Setelah itu, beliau tunaikan shalat (qabla Shubuh) dua
rakaat antara adzan dan iqamat sebelum shalat Shubuh.” (H.R. Muslim)
b.
Formasi 8-2-1
“Dari Said dari Qatadah dengan sanad yang sama dia
berkata: Nabi shalallahu ‘alaihi
wasallam menunaikan shalat delapan raka’at tidak duduk pada delapan
rakaat itu kecuali pada yang kedelapan, kemudian beliau duduk tasyahud lalu
berdzikir kepada Allah dan berdoa tasyahud, lalu beliau membaca salam yang
nyaring kemudian beliau shalat dua rakaat sambil duduk, setelah beliau salam
kemudian beliau shalat satu raka’at. Itulah sebelas raka’at anakku...” (Sunan
Abi Daud)
c.
Formasi 9-2
“Dari Sa’ad bin Hisyam dia berkata wahai Ummul
Mukminin berikanlah kepada ku tentang shalat witir Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam Siti Aisyah
menjawab: ”Kami siapkan siwak dan air wudlu (untuk Nabi shalallahu
‘alaihi wasallam) hingga Allah membangunkan beliaushalallahu ‘alaihi
wasallam pada batas waktu malam sesuai dengan kehendak-Nya, lalu beliau
bersiwak dan berwudlu lalu menunaikan shalat delapan raka’at. Beliau tidak
duduk tasyahud kecuali pada raka’at kedelapan. Saat beliau duduk, beliau
berdzikir kepada Allah seraya berdoa, lalu beliau bangkit tidak membaca salam,
kemudian beliau shalat untuk raka’at kesembilan lalu duduk tasyahud berdoa
kepada Allah dan bershalawat kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam lalu
membaca salam yang nyaring, lalu beliau menunaikan shalat dua raka’at sambil duduk.
Itulah seluruhnya berjumlah sebelas raka’at.” (HR. Muslim)
“Dari Abu Salamah dia berkata: Saya bertanya kepada
Siti Aisyah, wahai Ibu bagaimana shalat malam Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam? Aisyah menjawab:
sembilan raka’at (ditunaikan) sambil berdiri dan dua rakaat (ditunaikan) sambil
duduk. Dan dua raka’at antara adzan dan iqamat.” (HR. Ahmad)
d.
formasi 10-1
Dari Siti Aisyah radhiallahu ‘anhuma dia berkata:
”Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wasallammenunaikan shalat malam sepuluh raka’at kemudian menunaikan witir
satu raka’at, lalu beliau menunaikan shalat sunat qabla Shubuh dua
raka’at.” (HR. An-Nasai)
e.
Formasi 4-5-2
Dari Abdullah bin Abbas dia berkata: ”Aku bermalam di
rumah bibiku Siti Maimunah, kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam shalat Isya lalu
datang untuk menunaikan shalat malam, lalu beliau tunaikan empat raka’at lalu
tidur, kemudian beliau bangun dan berwudlu. Kata Abdullah bin Abbas:”Aku tidak
mengingat wudlunya, kemudian beliau berdiri untuk menunaikan shalat malam, aku
pun ikut berdiri di samping kirinya, lalu beliau menempatkanku di samping
kanannya, lalu beliau shalat lima raka’at, lalu dua raka’at, lalu beliau tidur
kemudian (bangun lagi untuk) shalat dua rakaat qabla shubuh, lalu beliau keluar
rumah menuju masjid untuk shalat shubuh.” (HR. An-Nasai)
f.
Formasi 2-2-2-5
Dari Siti Aisyah dia berkata: “Adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menunaikan shalat
malam 13 raka’at Beliau menunaikan witir 5 raka’at yang tidak duduk kecuali di
akhir Rakaatnya.” (Shahih Muslim)
g.
Formasi 8-3
Dari Ummu Salamah dia berkata: ”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menunaikan shalat
malam 13 raka’at (dengan formasi) delapan raka’at kemudian witir 3 raka’at dan
menunaikan shalat dua raka’at sebelum Shubuh.” (HR. An-Nasai)
h.
Formasi 2-7-2
“Dari Siti Aisyah radhiallahu ‘anhuma bahwa
Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wasallammenunaikan shalat malam 13 raka’at, beliau melakukan witir 7 raka’at
– atau sebagaimana dikatakan Aisyah kemudian Nabi shalallahu ‘alaihi
wasallam tunaikan dua raka’at sambil duduk dan dua raka’at sunat
sebelum Shubuh.” (HR. Abu Daud)
11 Rakaat Diawali dengan Dua
Raka’at Ifititah Khafifatain
Putusan Tarjih
tentang Tuntunan Shalat Qiyamu Ramadlan sejak lama telah menetapkan bahwa
shalat malam di atas ketika ditunaikan diawali dengan pelaksanaan shalat
ifititah khafifatain, shalat dua raka’at yang ringan. Pelaksanannya ketika
shalat malam dilaksanakan berjamaah, maka ifititah khafifatain pun ditunaikan
berjamaah dengan cara bacaan jahr atau dinyaringkan. Ini, antara lain, didasarkan
pada Hadits-Hadits berikut ini:
“Dari Siti Aisyah
radhiallahu ‘anhuma dia berkata: ”Adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam ketika menunaikan
shalat malam memulai shalatnya dengan dua raka’at yang ringan.” (HR.
Muslim)
“Dari Abu Hurairah radhiallahu
‘anhu dia berkata: Rasulullah shalallahu
‘alaihi wasallambersabda: Jika salah seorang di antaramu menunaikan shalat
malam maka mulailah shalatnya dengan dua raka’at yang ringan.” (HR.
Bukhari Muslim)
“Dari Kuraib
“pembantu” Abdullah bin Abbas dia menceritakan bahwa dia bertanya kepada
Abdullah bin Abbas bagaimana tentang cara shalat lama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam? Adullah bin Abbas
menjawab: ”Saya bermalam bersama Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam ketika
beliau bermalam di rumah Siti Maimunah. Nabi tidur hingga masuk 1/2 atau 2/3
malam. Kemudian bangun menuju wadah yang ada airnya. Nabi berwudlu saya pun
berwudlu. Nabi berdiri untuk tunaikan shalat malam saya pun berdiri di samping
kirinya, kemudian Nabi menarik saya ke sebelah kanannya, kemudian Nabi pun
letakkan tangannya di atas kepala saya, Nabi menggosok-godok telinga saya
seakan Nabi bangunkan saya (dari kantuk saya). Kemudian Nabi tunaikan shalat
dua rakaat yang ringan. Saya berkata: Kemudian Nabi membaca dalam dua rakaat
yang ringan itu surat al-Fatihah dalam setiap rakaatnya kemudian membaca salam.
Kemudian tunaikan shalat hingga 11 rakaat dengan witir ...” (H.R. Abu
Daud)
*) Tulisan ini
sebelumnya pernah dimuat di Majalah Suara Muhammadiyah 13 / 98 | 22 Syakban - 7
Ramadlan 1434 H
Oleh: Wawan Gunawan Abdul Wahid *)
Alumni Angkatan Pertama PP Darul Arqam Muhammadiyah Garut (1978-1984),
Kadiv Kajian Kemasyarakatan dan Keluarga MTT PP Muhammadiyah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar