Sabtu, 19 Agustus 2023

JADWAL KHATIB TIDAK BERDASAR PASARAN

Sudah menjadi hal umum di banyak masjid dalam membuat jadwal khatib dan imam sholat Jum’at dengan mendasarkan urutan hari dan pasaran sesuai penanggalan jawa. Seperti Jum’at kliwon imamnya siapa, Jumat wage siapa, dan seterusnya yang dalam sepasar ada 5 Jum’at. Pahing, wage, legi, pon dan kliwon. Maka jumlah khatib pun biasanya bergantian 5 orang dalam sepasar (5 Jumat).

Tetapi di masjid Nurrohim Dahromo, Pleret, urutan jadwal sesuai pasaran tersebut sudah lama tidak dipakai. Bukan bermaksud meninggalkan tradisi, pada kegiatan lain masih juga menggunakan sistem waktu dengan pasaran. Tetapi khusus jadwal khatib, sudah sekitar 10 tahun lalu dalam membuat jadwal dengan perputaran sejumlah imam/khatib yang ada. Pada periode tahun ini ada 13 orang yang siap bertugas sebagai khatib. Maka urutan jadwal adalah perputaran 13 orang tersebut. Tentu tidak semua khatib tersebut adalah da’i terkenal atau ulama yang sudah mumpuni, sebagiannya adalah anak-anak muda. Tetapi kemampuan khususnya membaca Al-Qur’an dan pemahaman syarat rukun khutbah tetap diperhatikan.
Penjadwalan dengan urutan besar tidak sekedar 5 pasaran ini adalah upaya pengkaderan. Siapapun yang dipandang mampu untuk memjadi imam dan khatib bisa mendapat kesempatan untuk bertugas menjadi imam dan khatib. Dengan pemberian kesempatan ini selain dakwah lebih dinamis juga peningkatan kemampuan para imam khatib muda yang pada waktunya pelanjut para tokoh senior insyaallah lancar.
Selain di masjid Nurrohim, penjadwalan demikian juga dilakukan di musholla Miftahul Jannah, Trukan, Segoroyoso. Kebetulan musholla Miftahul Jannah juga berada di lingkungan Ranting Muhammadiyah Dahromo. Baik masjid Nurrohim maupun musholla Miftahul Jannah jadwal imam dan khatib Jum’at dikoordinitr langsung oleh pimpinan ranting Muhammadiyah Dahromo dengan model sebagaimana kita paparkan di atas.
Nah, sahabat. Bagaimana dengan jadwal khatib Jum’at di masjid lingkungan anda?



Jadwal Khatib Jumat Masjid Nurrohim dan Musholla Miftahul Jannah



1 komentar:

TULADHA PANAMPI PASRAH NGUNDUH MANTU

  Assalamu 'alaikum wr.wb. Alhamdulillahirobbil’alamin….   Mugi kawilujengan, karahayon, katentreman, kabegjan menapa dene kamulya...