Rabu, 02 September 2020

ZIARAH MAKAM KH. AHMAD DAHLAN



Bertepatan tanggal milad 111 tahun Muhammadiyah hari ini saya menyempatkan ziarah ke makam Alm. KH. Ahmad Dahlan pendiri Persyarikatan Muhammadiyah di Karangkajen, Yogyakarta. Dan baru kali ini saya melihat langsung makam ulama besar sekaligus pahlawan nasional itu. Sangat sederhana tidak seperti kebanyakan tokoh besar yang makamnya dibangun sedemikian rupa.

Tidak ada orang lain disaat saya memasuki area makam tersebut. Padahal ini hari penting bertepatan milad organisasi besar yang didirikan oleh alm. KH. Ahmad Dahlan. Artinya memang tidak ada tradisi ziarah khusus dihari penting berdirinya Muhammadiyah, apalagi hari2 biasa. Warga Muhammadiyah tidak anti ziarah kubur, tetapi memang tidak ada kebiasaan sebagaimana sebagian masyarakat lain lakukan.

Sungguh, saya dan kita pantas iri terhadab beliau. Organisasi yg beliau dirikan 111 tahun lalu, hingga kini terus bergerak dan semakin semarak. Ribuan amal usaha pendidikan, rumah sakit, tempat ibadah, dan aneka lembaga sosial keagamaan terus lahir dari persyarikatan ini untuk umat, untuk bangsa. Betapa besar manfaatnya. Betapa dahsyat insyaallah aliran pahala dari jariyah yg beliau tinggalkan ini. Masyaallah..

Ya Allah, ijinkan hamba untuk mampu mengikuti tauladan orang2 yg engkau ridloi dalam beramal. Jadikanlah amalan kami, amalan yg Engkau terima. Barokah dunia akhirat. Aamiin..

8 Dzulhijjah 1441 H

29 Juli 2020 M

Abi Husna

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULADHA PANAMPI PASRAH NGUNDUH MANTU

  Assalamu 'alaikum wr.wb. Alhamdulillahirobbil’alamin….   Mugi kawilujengan, karahayon, katentreman, kabegjan menapa dene kamulya...